Wednesday, November 14, 2018
HOME > LOKASI > Bali > Menganalisa Mengapa Ford Tutup Operasionalnya Di Indonesia

Menganalisa Mengapa Ford Tutup Operasionalnya Di Indonesia

Ford Indonesia Tutup

Kabar mengejutkan dating di penghujung Januari 2016 atau tepatnya pada tanggal 25 Januari 2016, Raksasa Otomotif asal negeri Paman Sam Amerika, Ford menutup operasionalnya di Indonesia. Tak tanggung-tanggung Ford Indonesia menutup pabrik dan seluruh dealershipnya di Indonesia. Para pengguna mobil Ford di Indonesia dibuat ketar-ketir karena dealer Ford di seluruh Indonesia akan ditutp dan artinya juga seluruh bengkel yang ada juga akan ditutup. Namun ada sedikit informasi resmi dari Ford Indonesia bahwa penutupan ini tidak langsung serta merta akan ditutup saat ini pula, tetapi Ford Indonesia berjanji akan tetap menyiapkan after sales service (spare part/suku cadang) sampai beberapa tahun kedepan.

Ford Indonesia Tutup

Seperti diungkapkan oleh Managing Director PT Ford Motor Indonesia, Bagus Susanto yang dikutip dari detik.com “Hari ini kami telah mengumumkan keputusan bisnis yang sulit untuk mundur dari seluruh operasi kami di Indonesia pada paruh kedua tahun ini. Hal ini termasuk menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi semua kendaraan Ford”

Salah satu penyebab hengkangnya pabrikan asal Negeri Paman Sam ini adalah terus menurunnya tingkat penjualan dari produk-produk line up dari Ford Indonesia. Tercatat penurunan signifikan terjadi di akhir tahun 2015 dimana penjualan merosot drastis sekitar 56% atau hanya sekitar 2.500 unit yang terjual. Semakin menurunnya angka penjualan Ford Indonesia adalah dengan keluarnya model-model baru dari pabrikan mobil Jepang Honda yang sangat menjegal model-model Ford yaitu dengan dikeluarkannya Honda HR-V yang menghantam Ford EcoSport serta ditambah dengan lounching Honda BR-V yang langsung membuat Ford EcoSport “Skak Mat”. Padahal kita tahu pada awal-awal Ford EcoSport muncul begitu bagus pasarnya di Indonesia.

Penyebab lainnya adalah beban operasional dari pabrik dan gaji karyawan yang terus membengkak sebagai akibat kenaikan biaya tariff listrik dan upah para pekerjanya. Ditambah lagi gaji para expatriate mereka yang lumayan cukup fantastis.

Pasar Indonesia memang pasar yang cukup unik. Tidak cuma cukup dengan modal mobil dengan kualitas bagus dan teknologi mutakhir, tapi ada factor “X” yang lain yang cukup memepengaruhi.

Simak Juga :
Update Terbaru : Menguak Misteri Kematian Mirna

 

fajarkurniawan
Seorang Praktisi Optimasi Indonesia, Internet Marketer, Founder dari www.CometCenter.com serta mendedikasikan diri untuk membantu UKM dalam memajukan Bisnisnya. Kerjasama silahkan kontak di 0818 089 777 65. Mitra Untuk Memajukan Bisnis Anda!
http://www.FajarKurniawan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: